WA: 0878-7742-5839 Jasa Forwarding Surabayaby adminon.WA: 0878-7742-5839 Jasa Forwarding SurabayaPastikan 8 Hal ini Dilakukan Jasa Forwarding Surabaya Sebelum Melakukan Pengiriman Dalam kegiatan ekspor impor, penggunaan jasa forwarding Surabaya tidak bisa dihindari. Beberapa kerumitan dan kesulitan yang Anda alami saat harus melakukan ekspor impor dapat diminimalkan dengan jasa forwarding ini. Namun saat pengiriman dilakukan, Anda beberapa hal yang harus Anda pastikan dilakukan jasa ekspedisi. Meski […]

Pastikan 8 Hal ini Dilakukan Jasa Forwarding Surabaya Sebelum Melakukan Pengiriman

Dalam kegiatan ekspor impor, penggunaan jasa forwarding Surabaya tidak bisa dihindari. Beberapa kerumitan dan kesulitan yang Anda alami saat harus melakukan ekspor impor dapat diminimalkan dengan jasa forwarding ini. Namun saat pengiriman dilakukan, Anda beberapa hal yang harus Anda pastikan dilakukan jasa ekspedisi. Meski beberapa hal ini telah menjadi standar operasional pengiriman, namun tidak salah jika Anda pastikan telah dilakukan dengan baik oleh jasa ekspedisi.

foto-jasa-eskpor-barang-ke-luar-negri-3

 

Memastikan isi, berat dan volume barang

Eskpor impor tidaklah berbeda dengan proses pengiriman barang biasa. Mengingat kegiatan ekspor impor ini melibatkan banyak pihak, maka proses pengirimannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Sangat penting menjelaskan dengan baik dan detail mengenai barang yang Anda kirimkan. Pastikan jasa ekspedisi yang Anda gunakan juga melakukan yang sama, dengan meminta informasi detail mengenai isi, berat dan volume barang yang hendak Anda kirimkan. Jasa ekspedisi harus melakukan pendataan sehingga informasi dari Anda sesuai dengan paket.

Informasi mengenai nama dan pemilik barang

Menerangkan dengan baik siapa pemilik barang menjadi keharusan saat Anda harus mengirim barang ekspor impor. Meski begitu, saat tiba di kantor ekspedisi, Anda harus memastikan pihak pengiriman juga mendapatkan data yang sesuai. Pihak ekspedisi harus meminta informasi mengenai pemilik barang dengan lengkap. Tidak hanya nama namun juga alamat rumah hingga nomor telepon yang dapat dihubungi. Pendataan mengenai informasi pemilik barang ini akan memudahkan proses pengembalian paket saat tidak diterima pihak importir.

Memeriksa alamat tujuan pengiriman

Selain informasi mengenai pemilik barang, saat Anda melakukan ekspor impor juga harus menyertakan data dengan jelas mengenai tujuan pengiriman. Dengan adanya tujuan pengiriman yang jelas, pihak ekspedisi tidak kesulitan untuk mengirimkan sesuai informasi yang tersedia. Meski begitu Anda juga harus memastikan bahwa pihak ekspedisi juga telah meminta informasi mengenai alamat pengiriman dengan jelas kepada Anda. Sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam memahami alamat yang telah diberikan.

Memastikan dengan jelas nama penerima barang

Tidak hanya alamat penerima, Anda juga harus mencantumkan nama penerima barang. Mengingat saat berada di tempat tujuan, bisa jadi seseorang yang tercantum dalam dokumen tidak berada di tempat. Sehingga pihak ekspedisi dapat mengalihkannya atau mewakilkannya untuk menerima barang. Pastikan nama penerima barang di tempat tujuan ini juga diminta dengan jelas oleh pihak ekspedisi. Anda juga harus menginformasikannya dengan jelas kepada pihak ekspedisi. Hal ini untuk menghindari kesalahan pengiriman saat barang telah sampai di tujuan.

Melengkapi persyaratan pengiriman

Salah satu penyebab kerumitan kegiatan ekspor impor terjadi karena kebutuhan dokumen yang harus dilengkapi. Dokumen-dokumen ini harus Anda pastikan juga telah dilengkapi dan disertakan sehingga ekspor impor dapat dilakukan sesegera mungkin. Jasa ekspedisi akan memeriksa dengan teliti mengenai kelengkapan dokumen saat ekspor impor. Jika salah satu dokumen tidak dapat dipenuhi, gunakan jasa forwarding Surabaya yang akan membantu Anda menerbitkan kelengkapan dokumen tersebut. Sehingga proses pengiriman menjadi lebih mudah.

Dukungan L/C

L/C atau Letter of Credit merupakan sebuah surat kredit. Diberikan kepada para eksportir dan juga importir dalam rangka melakukan pembayaran atas kegiatan ekspor impor yang telah dilakukan. Tidak hanya untuk membayarkan transaksi pengiriman ekspor impor, namun L/C ini juga berfungsi untuk mengamankan dana importir untuk pembayaran impor barang. Setiap jasa ekspedisi harus memeriksa apakah pengiriman menggunakan L/C disertai dengan informasi mengenai persayaratan yang diterapkan jika menggunakan L/C.

foto-jasa-eskpor-barang-ke-luar-negri-5

 

Tata cara penagihan biaya pengiriman

Dalam proses pengiriman barang ekspor impor, tidak hanya keselamatan barang yang harus dijamin sampai di tempat tujuan. Namun proses pembayaran dari biaya yang dibebankan saat pengiriman dilakukan juga tidak boleh dilupakan. Saat Anda mengirimkan barang untuk tujuan ekspor impor, pastikan memberikan informasi yang tepat mengenai tata cara penagihan. Pihak ekspedisi harus meminta informasi dengan detail mengenai penagihan beban biaya, kepada siapa dan bagaimana cara melakukan kontak harus Anda berikan.

Kepastian adanya polis asuransi

Risiko pengiriman barang semakin besar jika jarak pengiriman lebih jauh. Risiko juga akan semakin bertambah besar jika jumlah barang yang dikirim lebih banyak. Anda sebagai pihak pengirim harus memastikan barang selamat dengan menjaminkan pada asuransi. Saat berada di kantor jasa pengiriman, pastikan Anda ditanya dan diberitahukan mengenai polis asuransi ini. Setiap jasa forwarding Surabaya melindungi konsumennya dengan mendaftarkan barang yang dikirim pada asuransi. Barang yang telah mendapatkan kepastian asuransi, dapat dikirim dengan cegera dan cepat.

PT. TIMURJAYA DUTA MARITIM™
Jl. Kalimas Baru, Blok B-4/No.29, Perak Utara, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya – Jawa Timur 60165
Telp. 031-329 2902 / No. HP +62 878-7742-58

Related Posts